JNet99

Enjoy Saja Bro

Upload file Lewat FileZilla

icon-amberDalam artikel terdahulu saya membahas bagaimana cara mempublik hasil program web Anda secara gratis sehingga program web Anda dapat dijalankan di internet dan dapat diakses semua orang. Dalam mengupload file pada artikel tersebut kita menggunakan fasilitas yang telah disediakan 000webhosting.

Yang belum baca artikel tersebut silakan klik ini
Sekarang saya akan menggunakan filezilla (aplikasi ini umumnya digunakan orang-orang) untuk mengupload file Anda ke 000webhosting.

Filezilla merupakan sofware gratis, dan Anda bisa mencarinya sendiri lewat google, mungkin ada bisa menemukan versi terbaru. Tapi kalau Anda tidak mau repot-repot download saja punya saya. Klik download ini.

Setelah selesai download silakan Anda install sampai process selesai.

Saya anggap Anda sudah menginstall FileZilla dengan baik, selanjutnya buka FileZilla tersebut, dan akan muncul tampilan berikut.

hostgratis8

Disitu terlihat Mesin, Nama Pengguna, Kata Kunci, Port.

Untuk mengisi paramater tersebut Anda harus sudah punya alamat situs yang sudah aktif. Bagi yang sudah aktif dapat klik langsung disini

http://members.000webhost.com/

Setelah Anda masuk login tersebut akan muncul tampilan berikut :

hostgratis9

Pada sofware fileZilla yang Anda jalankan ada parameter :

Mesin : ini diisi dengan domain, seperti gambar diatas.

Nama Pengguna : diisi dengan Username, seperti gambar diatas.

Kata kunci : diisi dengan password, kalau lupa klik aja show.

Port : dikosongkan saja.

Setelah terisi semua pada FileZilla klik koneksi cepat, apabila sudah tidak ada error berarti FileZilla Anda sudah terhubung dengan CPanel diinternet.

Koneksinya tidak akan terus menerus, apabila tidak ada aktivitas akan terputus sendiri.

Apabila sudah terkoneksi akan muncul direktori remote disebelah kanan, Anda harus membuka folder public_html, karena file utama Anda akan di transfer dalam folder ini.

Pada kotak sebelah kiri merupakan direktori lokal, pilih file yang akan di transfer.

Kemudian klik kanan pilih upload, tunggu proses sampai selesai.

Langkah Anda sampai disini sudah selesai.

Untuk mengetahui cara kerjanya lebih jelas, coba buat file index.php dengan isi sebagai berikut :

<html>     

<head>

<title>untuk percobaan webhosting gratis</title>

</head>

<body>

<?

echo “File ini di upload menggunakan FileZilla”;

?>

</body>

</html>

Simpan skrip diatas dengan nama index.php, kemudian upload dengan FileZilla langkah-langkahnya seperti yang sudah diuraikan diatas.

Kemudian coba hasilnya dengan memanggil alamat situ Anda di browser.

Selamat mencoba, semoga Anda beruntung.

 

Artikel Lainnya

Filed under: html, Tips & Tricks, Tutorial

14 Responses

  1. Anonim berkata:

    😦 masih mending pada bisa tanya. aku ja malah bingung tlg bantuan’a yg lbh detail gan??? 🙂

  2. Guntur berkata:

    Hallo…, salam kenal ya mas…
    Saya mo minta ilmu sedikit nih mas….
    saya baru belajar bikin website, saya pake yang gratis dulu,hehehe….rencananya sih kalo sudah oke, baru beli domain.
    Domain saya pake Co.CC, webhosting saya pake 000webhost. Kemudian saya sudah upload file saya menggunakan filezilla, dan prosesnya sama dengan uraian mas diatas, dan sudah sukses terkirim semua, kemudian saya disconect.
    Tapi kalo di panggil alamat web-nya yang muncul kok cuma tulisan Index / of, kemudian deretan file html yang saya upload. Kalo seperti ini, apanya yang salah ya mas..?
    Minta pencerahannya ya mas…..
    Thank You.

    • Anonim berkata:

      Guntur, Setiap pemanggilan alamat website akan langsung di arahkan ke dalam folder dimana folder tersebut harus berisi file ” index.php “, dan file tersebut akan dijalankan secara otomatis, tinggal kita mengisi perintah di dalam file index.php tersebut.
      Biasanya file index.php dijadikan suatu pintu gerbang untuk menjalankan aplikasi website kita.
      Coba check file index.php nya, ada apa tidak.

Tinggalkan komentar

delicious