JNet99

Enjoy Saja Bro

Mengenalkan WordPress.org ke Om Google

wporglogArtikel ini atas dasar ide dari pertanyaan http://rezaprof.co.cc,  di artikel saya yang berjudul  Cara Blog Kita Bisa Dikenal di Search Engine, inti pertanyaannya blog dia beberapa kali tidak bisa diverifikasi lewat google. Dan kebetulan saya juga kurang memperhatikan dimana dia bikin blog, jadi saya bikin saran-saran seperlunya. Tapi ternyata juga tidak bisa, akhirnya pada pertanyaan terakhir baru terungkap ternyata Bang Reza  bikin wordpress.org yang diaktifkan di co.cc (domain gratis), dan saya simpulkan kemungkinan besar dia juga memakai webhosting gratis di 000webhosting. Padahal pada artikel saya tersebut hanya berlaku untuk wordpress.com.

Kalau kita sudah bermain di worpress.org kita harus memperlakukannya seperti membuat website jangan seperti blog lagi, dan kita sudah bisa menelusuri program dan utak-atik isi program wordpress melalui CPanel. Dan pada dasarnya google akan mengenali website melalui meta tag  yang skripnya harus kita tempelkan pada meta tag di website kita. 

Agar Anda lebih mengerti apa yang akan saya sampaikan disini, saya harapkan Anda sudah mengusai bagaimana caranya menjalankan wordpress.org dengan memakai domain co.cc dan webhosting 000webhosting. Bagi yang belum tahu baca artikel saya sebelumnya di wordpress-vs-webhosting-gratis. Di artikel ini Anda akan tahu bagaimana caranya menginstallasi wordpress.org secara gratis, pokoknya serba gratis. Apabila Anda sudah mengetahuinya kita kembali kepokok permasalahan, yaitu langkah yang harus dilakukan agar google bisa kenal website (blog) yang Anda bikin dengan memakai wordpress.org.

Langkah I :

Anda harus melakukan langkah-langkah yang ada di artikel saya Cara Blog Kita Bisa Dikenal di Search Engine

Tapi pada langkah disini,

Pada choose verification method

Pilih Meta tag (jangan html), dan disini nanti Anda akan mendapatkan suatu skrip yang harus dikopikan ke website Anda.

Langkah II :

Sekarang buka CPanel Anda di webhosting, selanjutnya pilih File Manager, buka folder /public_html/wp-content/themes/default.

Mengenai subfolder default pada alamat folder diatas merupakan option, kalau kebetulan Anda memakai theme default pilihan pada subfolder default, apabila theme Anda memakai Classic, pilih saja subfolder classic.

Mudah-mudahan Anda bisa mengetahui theme apa yang sedang Anda pake.

Didalam subfolder default ini Anda cari file yang bernama header.php , pilih file ini dan edit dengan mengklik menu edit yang terletak disebelah kanan baris dari  file ini.

Setelah file ini terbuka, letakkan skrip meta yang didapat dari google persis dibawah barisan tulisan head.

wporg1
Setelah itu simpan dengan mengklik gambar disket,  dan setelah selesai silakan Anda ke google untuk melakukan verifikasi.

Selamat mencoba.
Artikel terkait :

Filed under: Uncategorized

9 Responses

  1. ruland mengatakan:

    Makasih banyak pak…saya terbantu

  2. maspanda mengatakan:

    wah makasih banyak pak..ini yang aku cari2
    ampe pusing 7 keliling baru dapet nih
    thx banget

  3. uphy mengatakan:

    Mantap deh tutorialnya… Salam ngeblog sob

  4. adi mengatakan:

    kunjungi balik ya

Tinggalkan Balasan

delicious

