JNet99

Enjoy Saja Bro

WordPress VS CO.CC

Bagi yang suka utak-atik blog, disini Saya coba untuk menjelaskan bagaimana caranya menggunakan atau cara mensetting blog Anda dengan menggunakan free subdomain yang disediakan oleh CO.CC. untuk wordpress dalam versi gratis saya belum tahu betul kegunaannya, tapi kalau hanya memindah url lumayanlah sebagai pengetahuan. Siapa tahu Anda nanti bisa memakai WordPress dalam versi non gratis pengetahuan ini bisa dikembangkan lebih lanjut.

Maksud dari tulisan diatas begini contohnya :

Alamat url Saya ini kan https://jnet99.wordpress.com dan kalau kita panggil dibrowsing cukup jnet99.wordpress.com, dimana wordpress.com merupakan harga mati yang tidak bisa lagi diubah-ubah. Dengan menggunakan CO.CC alamat url diatas bisa Saya ganti dengan Alamat http://jnet99.co.cc atau kalau kita panggil lewat browsing jnet99.co.cc blog yang dituju sama cuma alamatnya yang bisa dipanggil dari dua alamat yang berbeda, yaitu yang satu memakai jnet99.wordpress dan yang baru memakai jnet99.co.cc. Tapi seperti yang saya ceritakan diatas ini untuk wordpress versi gratis, untuk yang versi bayar beda lagi ceritanya ( kalau versi bayar Anda bisa langsung ganti nama domainnya semau Anda sendiri )

Sekarang kita melangkah bagaimana caranya untuk melakukan hal tersebut diatas.

Step 1 :

Panggil di internet browsing Anda dengan alamat url http://www.co.cc

Kemudian seperti biasanya lakukan regitrasi disini.

Untuk melakukan regitrasi disini tentunya Anda sudah harus mempunyai alamat email yang sudah siap, karena disini akan ditanyakan dan harus diisi dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

Apabila form yang diisi sudah benar maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :

 

 

 

 

 

Kalau terlihat seperti gambar diatas klik pilih nama Domain,


 

 

 

Pada kotak isian isikan nama yang Anda inginkan dan kemudian klik tombol Periksa ketersediaan. Apabila mungkin nama yang Anda isi sudah pernah dipakai orang lain maka akan ada peringatan dan Anda akan ditawarkan nama-nama yang belum pernah dipakai dengan keterangan gratis dengan warna biru. Atau langsung dengan nama lain lagi juga tidak masalah, dan kalau berhasil terlihat gambar seperti ini :

 

 

 

 

 

Kemudian Klik tombol Lanjutkan ke pendaftaran, disini nanti akan dapat pesan “Your new domain has been successfully registered”, kemudian langsung klik tombol Setup.

Selanjutnya Anda disuruh memilih diantara tiga pilihan :

1. Manage DNS

2. Zone Records

3. URL Forwarding

Dalam pilihan tersebut pada kasus kita ini pilih no.3, dan langkah selanjutnya akan ditampilkan gambar sbb :

 

 

 

 

 

 

Pada Redirect to : isikan address url blog Anda, boleh blog url Anda di WordPress, blogspot, atau dimana saja terserah. Misal punya saya maka saya isi dengan : jnet99.wordpress.com.

Page Title diisi dengan misalnya : JNet99,

Yang lainnya tidak wajib diisi kalau mau diisi juga tidak masalah, dan terakhir klik tombol SETUP.

Kemudian akan tampil pesan “Your change has been summited”, dan selanjutnya klik tombol OK. Sampai tahap ini Anda sudah berhasil dalam memberikan alamat baru di CO.CC. Jadi alamat URL Anda akan berubah misalnya seperti alamat Saya dari jnet99.wordpress.com menjadi jnet99.co.cc.

Silakan Anda coba dengan alamat Anda sendiri dengan mengetik ke internet browsing dengan xxx.co.cc, apabila keluar blog Anda berarti Anda telah berhasil. (xxx = nama yang Anda pilih).

Selamat mencoba utak-atik.
Artikel Lainnya

Filed under: Komputer, Tips & Tricks, , , , ,

4 Responses

  1. Gusti Dana mengatakan:

    Saya juga udah mencoba mas,mengalihkan url yang lama http://gustidana.wordpress.com ke url yg baru http://bloggermobile.co.cc
    Tp saya blm pernah mencoba membuka blog saya langsung menggunakan alamat co.cc tadi.Tapi bentar lagi saya coba dech;-).

    Oh ya mas,bagaimana sich caranya menyalin dan menampilkan halaman web di blog kita,seperti gambar-gambar diatas…???(kalau bisa lwt email aja biar saya enak kalo nyatat).
    Trima kasih karna udah sering mampir diblog saya yg sederhana:-).Oh ya..sesuai permintaan mas,foto anak & istri saya udah saya pasang diposting terakhir.

  2. josenetmail mengatakan:

    Itu namanya menyisipkan gambar, jadi halaman-halaman yang ada diblog Saya munculkan dulu di layar komputer kemudian tekan tombol Print Screen. Kemudian buka aplikasi paintbrush bawaannya windows, setelah itu Anda paste disini. Kemudian simpan dalam bentuk JPG. Kemudian file yang disimpan tadi disisipkan(upload) kedalam blog Anda.

    Saya memang sering berkunjung keblogmu, sederhana tidak masalah yang penting isinya mengasyikkan. Dan tulisanmu juga enak dibaca jadi sebenarnya saya ingin belajar menulis supaya enak dibaca.

  3. Harbi mengatakan:

    saya udah laksanakan,,,sebelumnya junharbirimbawan.wordpress.com sekarang jadi junharbirimbawan.co.cc tapi kok ada printah buat set uob48 jam kemudian??trus kalo kita mau publish ke google gimana kang??mohon bimbingannya..
    junharbi@yahoo.co.id

  4. Johne321 mengatakan:

    Hey. Cool post. There’s a dilemma together with your website in chrome, and you may want to check this The browser will be the market leader and a huge component of other people will omit your great writing because of this issue. dgdabgcekedg

Tinggalkan Balasan

delicious

