JNet99

Enjoy Saja Bro

Menghitung Uang Lembur Karyawan

HitLemburLogoMenghitung Uang Lembur Karyawan

Program ini saya bikin dari Excel versi 2007, dan asal usul ide pembuatan program ini berdasarkan dari suatu pertanyaan dari salah seorang rekan pengunjung yang mengirimkan suatu file Excel kepada saya untuk memecahkan kasusnya. Dan saya juga sangat berterima kasih untuk itu, karena sering pertanyaan-pertanyaan yang datang kepada saya mendatangkan suatu ide-ide baru dan trik-trik baru untuk memecahkan berbagai kasus yang mungkin tidak dapat ditemukan di buku mana pun, yang mana saya sendiri pun sering tidak menduga trik-trik yang muncul begitu saja saat saya mendapatkan suatu kasus yang menarik. Jadi sangat sayang kalau saya lupakan begitu saja tanpa ada orang yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Dan seperti biasanya kalau ada suatu kasus yang menarik akan saya buatkan suatu artikel agar dapat di pelajari bersama-sama, mudah-mudah dengan begitu ilmu akan selalu terus sambung menyambung dan berkembang kearah yang lebih baik lagi.

Program ini terdiri dari 2 (dua) sheet, sesuai dengan file aslinya yang dikirimkan kepada saya, dan formatnya pun tidak terlalu banyak perubahan walau ada perbaikan di sana-sini sesuai dengan kebutuhan teknis. Dan ada beberapa tambahan beberapa kolom yang saya hidden untuk kebutuhan teknis pula, tetapi yang paling terbanyak disini adalah penambahan rumus-rumus, dan maaf rumus-rumus disini mungkin agak sulit sekali untuk di jelaskan dengan kata-kata, jadi saya lebih menekankan bagaimana cara menjalankan program ini. Program ini juga tidak menggunakan program Macro sedikitpun walaupun fasilitas ini sudah disediakan oleh Excel, tetapi saya tidak pernah menggunakannya, maklum dasarnya adalah bahasa Visual Basic yang bukan merupakan spesialisasi saya. Jadi saya hanya menggunakan murni pakai rumus-rumus Excel yang ada. Jadi para penggemar Excel dapat mempelajari rumus-rumus yang saya berikan dengan mempelajari fungsi-fungsi apa saja yang saya gunakan untuk membentuk program ini.

Sebenarnya program ini sangat mudah dibuat kalau kita menggunakan khusus bahasa pemrograman database, akan tetapi berhubung kita menggunakan program excel hal ini menjadikannya agak sulit, karena excel sangat terbatas sekali dalam pengelolaan Query. Walaupun ada disediakan fasilitas untuk itu, akan tetapi end user tentunya akan kesulitan untuk memanfaatkannya.

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, program ini terdiri dari 2 (dua) sheet. Sheet yang pertama berisi Rekap Bulanan dan yang kedua Rekap Harian. Ada hal yang terbalik alias melanggar kaidah-kaidah hukum pemrograman standard disini. Yaitu Rekap Bulanan diisi terlebih dahulu untuk menghasilkan Rekap Harian secara otomatis. Ini sebenarnya sangat melanggar prinsip pemrograman standard tapi justru dengan memakai excel hal ini lebih effisien. Pertama kali dapat kasus begini saya agak bingung juga dan kepikiran terus karena penasaran, tapi Alhamdulillah solusinya dapat dipecahkan.

Penjelasan saya akan saya bagi dua bagian, yang pertama Cara Menggunakan Program dan yang kedua Maintenance.

I. Cara Menggunakan Program.

Pada Sheet pertama, yaitu Rekap Bulanan ada tabel Tanggal Libur, tanggal ini harus diisi termasuk hari minggu. Pembayaran lembur pada hari Libur atau tanggal merah berbeda dengan tanggal biasa. Dan harus diisi secara urut dan teratur, jangan loncat-loncat seperti misalnya habis tanggal 5 tanggal 3, jadi yang benar tanggal 3 dulu baru tanggal 5. Contohnya saya berikan seperti dibawah ini :

hitLembur1

Berikutnya adalah mengisi besarnya Uang Makan dan dan PPH21 seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini:

hitLembur2

Apabilah PPH21 tidak diperhitungkan kasih nilai nol saja.

hitLembur3

NIK : harus diisi dan merupakan kode karywan dan bersifat unique, artinya kode
ini tidak boleh sama dengan kode karyawan lainnya.

Nama : merupakan nama karyawan.

Tarif Lembur/ Jam Hari Biasa : harus diisi.

Tarif Lembur/Jam Hari Libur : terisi otomatis dengan perhitungan 2 (dua) kali
Tarif Lembur pada hari biasa.

hitLembur4

Pada baris tanggal sudah terisi dari tanggal 1 (satu) sampai dengan tanggal
31 ( tiga satu).

Pada baris di bawahnya ada symbol “X” untuk menandakan Hari Libur,
dan “H” hari biasa, symbol ini akan terisi secara otomatis pada saat
kita sudah mengisi tanggal-tanggal hari libur seperti yang sudah saya terangkan
diatas.

Pada bagian jumlah jam lembur, Anda di sini harus mengisi, berapa jumlah jam lembur karyawan.

hitLembur5

Kolom Hari Biasa : merupakan jumlah total jam lembur hari biasa, dan kolom
ini terisi otomatis.

Kolom Hari Libur : merupakan jumlah total jam lembur pada hari libur, kolom
ini juga terisi otomatis.

Kolom Uang Lembur : akan terhitung otomatis.

Uang Makan : Kolom ini juga terisi otomatis, dengan syarat jam lembur perharinya
harus lebih dari 2 jam baru uang makan dapat diperhitungkan satu kali.

Jumlah kotor : kolom ini terisi otomatis, kolom ini merupakan total uang yang
diterima karyawan sebelum dipotong pajak (PPH21).

Jumlah bersih : Jumlah uang lembur yang harus diterima karyawan sesudah dipotong
pajak.

Pada tabel bagian atas dari gambar ini, menyatakan perhitungan total uang sesuai
dengan kolom masing-masing.

Perhitungan totalnya memang tidak saya tempatkan dibawah seperti pada umumnya,
ini hanya untuk memudahkan teknis saja.

Berikutnya penjelasan untuk Sheet ke 2 (dua), Rekap Harian.

hitLembur6

Ini merupakan daftar Absensi Lembur Harian yang terbentuk secara otomatis akibat
dari perhitungan-perhitungan dari Sheet yang pertama ( Rekap Bulanan ).

Yang perlu diisikan di sini hanya Tanggal dan Jam Mulai Lembur, selebihnya
terhitung secara Otomatis.

II. Maintenance Technical.

Program ini saya buat dengan Office Excel 2007, dan saya simpan dalam format Office Excel 2007 pula, jadi file nya mempunyai ekstensi (.xlsx).

Sebagian besar sheet yang terisi penuh dengan rumus-rumus, jadi bagian-bagian
tersebut saya protect kecuali bagian-bagian untuk meng entry data. Hal ini untuk
menghindari kesalahan-kesalahan yang dilakukan user.

Jumlah baris yang saya sediakan disini sebesar 1000 baris, jadi total karyawan yang bisa ditampung sebanyak 1000 personil.

Apabila Anda ingin merubah rumus-rumusnya untuk menyesuaikan dengan keadaan
dengan Perusahaan Anda, maka maka protectnya harus dibuka terlebih dahulu dengan
jalan : buka tab Review || Unprotect Sheet, setelah terbuka
permintaan password, isikan dengan “jnet99” dengan huruf kecil semua.
Dan jangan lupa untuk memprotect kembali.

File downloadnya ada di sini

Artikel lain :

Filed under: Excel, Tips & Tricks

34 Responses

  1. Kiki Sudiana berkata:

    Alhamdulillah… terima kasih banyak File & keterangannya sangat bermanfaat.

  2. […] PDF File Name: Menghitung uang lembur karyawan – jnet99 | enjoy saja bro Source: jnet99.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

  3. Ibnu donall berkata:

    Terimakasih sangat bermanfaat sekali

Tinggalkan komentar

delicious