JNet99

Enjoy Saja Bro

Menghentikan Tulisan Berjalan

Saya pernah bikin Artikel berjudul Tulisan Berjalan Vertikal , dalam artikel ini saya memanfaatkan perintah Marquee. Ada pertanyaan yang dilontarkan kepada saya dari Bapak Ridwan, yang isi sebagai berikut

mas tanya donk..

klo aq pingin ketika tulisan ni berjalan trus kita klik pada baris tertentu trus dia berhenti gmn ya..

Nah loh ! pertanyaan ini saya anggap aneh, karena artikel saya mengenai bagaimana menjalankan huruf secara vertikal, tetapi beliau ini minta berhenti dijalankan dan untuk apa ? Akhirnya saya berkunjung ke TKP di http://toyotajambi.blogspot.com/ . Wow ! Keren bro, ternyata beliau ini jualan mobil toyota yang gres-gres dan untuk memilikinya masih dalam impian gue. Dan setelah saya telusuri di blog beliau ini ternyata perintah Marquee dipergunakan untuk menampilkan daftar harga mobil, kalau daftar harganya tambah banyak tentunya ini sangat memakan tempat, dan untuk itu beliau menggunakan perintah Marquee berjalan vertikal. Tetapi kalau tulisan berjalan terus tentunya akan sulit untuk melihat harga. Inilah yang membuat saya coba memahami keinginan beliau ini.

Saya menuju google untuk mencari perintah Marquee yang bisa menghentikan huruf berjalannya. Banyak blog yang membahas perintah Marquee yang dapat menghentikan huruf berjalannya, dari sekian banyak blog yang membahas mempunyai skrip yang sama tidak ada beda satu sama lain. Skripnya kurang lebih begini :

<marquee style=”border:solid; height:100px; width: 300px; border-width:thin; background-color: #cccccc;” onmouseover=”this.stop()” onmouseout=”this.start()” direction=”up” scrolldelay=”500″> <span style=”color:#000000;”> 
disini isi tulisan Anda <br />
disini juga tulisan Anda <br />
Yang ini juga donk</span>
</marquee>

Pola kerja dari rumusan di atas, pada saat kursor mouse diarahkan ketulisan maka aktivitas tulisan berjalan akan dihentikan. Dan tulisan akan berjalan kembali pada saat kursor mouse pergi menjauh dari tulisa.

Pola kerja dari rumusan tersebut tentunya tidak sesuai dengan yang ada dalam pikiran saya, yana mana saya “menginginkan saat tulisan sedang berjalan pada saat diklik akan berhenti, dan apabila diklik yang kedua huruf kembali akan berjalan”.  Walaupun saya sudah coba untuk menyisipkan perintah if condition teryata gagal juga, mungkin pengetahuan saya untuk bahasa html sangat dangkal sekali.

Akhirnya saya melakukan metode pendekatan yang mendekati keinginan Bapak Ridwan diatas, yaitu pada saat tulisannya diklik maka tulisannya akan berhenti berjalan, dan untuk menjalankannya kembali harus saya bikinkan suatu tombol. Dan terbentuklah rumus sebagai berikut :

<marquee id=m1 style=”border:solid;height:100px ;width: 300px; border-width:thin;background-color:#CCCCCC” onclick=”this.stop()” direction=”up” scrolldelay=”500″> <font color=”#000000″>
disini isi tulisan Anda <br />
disini juga tulisan Anda <br />
Yang ini juga donk </font> </marquee><br /> <button onclick=”m1.start()”>slide</button>

Perintah skrip diatas Intinya terletak pada id=m1 onclick=”this.stop()”
dan komponen button.

Perintah-perintah diatas tidak bisa digunakan di wordpress.com, tetapi dapat digunakan wordpress.org dan blogspot. 

Contoh hasilnya dapat Anda lihat di blog saya di blogspot klik di sini.

Artikel terkait

Filed under: html, Tips & Tricks, ,

One Response

  1. Gusti Dana mengatakan:

    Wow..hebat mas;-).Eh…logo kiriman mas Jose sudah saya update.Maaf agak telat,karena saya salah dalam menuliskan jenis file pada waktu posting,yang sebelumnya .png sudah saya rubah menjadi .gif.
    Maaf sekali lagi ya Mas..:$

Tinggalkan Balasan

delicious

