JNet99

Enjoy Saja Bro

Mengganti Thema Pada Joomla

Melanjutkan artikel saya yang terdahulu dengan judul Instalasi Joomla, yang mana pada artikel tersebut Joomla di instalasi pada localhosting, ini hanya untuk mempermudah mempelajarinya saja. Karena dengan localhosting tentu akses komputer lebih cepat, kalau itu sudah dipahami baru kita akan melanjutkan untuk menginstalasi di webhosting.

Seperti pelayanan blog pada umumnya Joomla mempunyai fasilitas untuk merubah thema. Thema yang disediakan menurut bawaannya disediakan ada tiga thema, tapi bisa ditambah dengan mendownload diinternet. Tetapi sebelumnya saya akan jelaskan dulu cara untuk merubah thema.

Mengubah Thema

Silakan masuk ke site Admin joomla Anda di localhosting dengan mengetik address pada internet browsing http://localhost/joomla/administrator/

Setelah masuk Login dan Password berarti Anda sekarang berada dalam wilayah hak akses admin, artinya dapat melakukan suatu perubahan-perubahan yang fundamental. Untuk mengubah suatu thema pilih menu extensions >> template manager dan akan muncul tampilan berikut :

joomla7

disini disediakan tiga thema seperti yang terihat diatas, yang Ada tanda bintang warna kuning, itu Adalah thema yang Anda sekarang.

Kalau Anda ingin mengubahnya misalkan kita ingin thema beez, klik saja lingkaran yang ada disebelah kiri tulisan, kemudian klik tombol default yang tombolnya ada disebelah kanan Atas bergambar bintang kuning juga tapi lebih besar ( gambar diatas tidak telihat ).

Setelah bintang kuning kecil seperti gambar diatas berpindah ke baris thema beez berarti Anda sudah berhasil merubah thema, dan hasilnya bisa dilihat pada localhost/jo0mla.

Dalam tahap ini Anda berarti sudah mengerti bagaimana cara mengubah thema.

Menambah Thema

Secara default Joomla menyediakan 3 ( tiga ) thema, dan apabila mau lebih banyak lagi silakan kunjungi gallery Joomla di  http://www.joomla24.com

Setelah ada yang sesuai silakan Anda download, hasil download berupa kompressan jadi harus di ekstrak terlebih dahulu. Folder yang terbentuk biasanya sama dengan nama filenya. Kemudian folder tersebut dikopikan ke folder localhosting Anda, yaitu di ./XAMPP/hitdocs/joomla/templates.

Apabila Anda sudah mengkopi dengan benar maka langkah-langkah cara merubah thema dapat Anda jalankan kembali. Disini akan muncul nama thema yang baru Anda download tadi, seperti gambar dibawah ini :

joomla8

Kebetulan saya mendownload thema dengan aha_therraj15, kalau Anda memakai thema berbeda tentunya juga namanya yang muncul disitu pasti juga berbeda.

Silaka Anda coba untuk mengganti thema dari hasil download tadi, dengan cara-cara yang telah saya uraikan di atas.

Selamat mencoba mudah-mudah Anda beruntung.

_____________________________________________
Artikel lainnya

Filed under: Joomla, ,

5 Responses

  1. Catur Ariadie mengatakan:

    wah terima kasih atas tutorialnya…
    saya masih baru dengan joomla ini

  2. anonymous mengatakan:

    izin copas gan🙂

  3. andri mengatakan:

    ketika kita mengganti themes pada web joomla kita, data-data yang telah ada dan terindeks google, apakah masih tetap ada, atau harus mengulang upload dari awal lagi mas?

    mohon pencerahaannya

  4. Anonim mengatakan:

    ganti pic wallpaper di joomla gimana ya… mohon dibantu suhu…
    saya baru blajar bgt gunain ni joomla

  5. arum mengatakan:

    wuh,,,makasi banget ya,..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: