JNet99

Enjoy Saja Bro

Instalasi Joomla

Joomla merupakan pelayanan untuk pembuatan WEB yang sudah dikenal bagi pengembang situs web. Banyak perusahaan-perusahaan besar dan terkenal memanfaatkan pelayanan Joomla ini. Apalagi pelayanan Joomla ini dikenal dengan Open Sourcenya. Jadi Anda tinggal melakukan perubahan-perubahan seperlunya saja dalam membuat situs web di komputer Anda dan hasilnya baru di upload ke internet untuk di publikasikan agar bisa di akses orang banyak.

Bagi yang belum pernah tahu bagaimana dan darimana memulainya untuk dapat memanfaatkan pelayanan Joomla ini, saya akan coba untuk menjelaskan satu persatu agar para pemula dapat membuat program web lebih mudah dan gampang. Karena adakalanya seorang memahami program web tapi tidak ahli dalam membuat desain hasilnya jadi menceng alias tidak bagus, ini membuat para pemula menjadi kurang termotivasi dalam mempelajari bahasa program berbasis web. Atau seseorang ahli dalam membuat desain tapi kurang memahami bahasa pemrogramannya akan menjadi pusing tujuh keliling. Dengan adanya program Joomla ini diharapkan bisa memadukan kedua-duanya. Yang kurang paham program dapat membuat web, yang bukan ahli desain juga dapat membuat desain yang bagus dan tidak kalah dengan para profesional.

Tapi jangan dikira saya ahli dalam membuat web, saya hanya sharing saja disini apa-apa yang telah saya temukan dan mengikuti apa kata naluri saja selama bergelut dibidang program database. Dan hal-hal yang kecilpun perlu disampaikan agar ilmu yang telah didapatkan jangan hanya masuk laci saja ( ini istilah dari Om Duto – ) habis itu lupa, dan itu justru sering terjadi pada saya karena web bukan spesialisasi saya jadi gampang sekali melupakannya.

Sebagai pemula yang perlu diperhatikan pada saat kita bikin program web dan wajib ada adalah web service. Web Service yang akan kita pakai disini adalah Apache agar program PHP yang akan kita gunakan nanti bisa jalan. Program PHP, PHP My Admin, MySQL wajib diperlukan. Kalau Anda mau mendownload satu persatu dari keempat tool yang diperlukan tersebut bisa Anda cari diinternet semuanya gratis, tetapi Anda juga harus bisa menginstall satu persatu dan tidak kalah pentingnya mengkonfigurasi dari tool-tool tersebut sehingga bisa saling berhubungan. Hal ini butuh suatu ketelitian yang tinggi, dan terkadang sangat menyulitkan, dan ini bagi pemula tentu sangat tidak baik. Saya ada punya alternatif lain yaitu dengan memakai aplikasi XAMPP, dan aplikasi ini banyak pula dikenal bagi para pemula saat awal untuk mempelajari pembuatan WEB. Dengan XAMPP keempat tool yang telah saya sebutkan diatas sudah jadi satu paket, jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam urusan setting menyetting. XAMPP ini juga gratis dan Anda bisa dapatkan di internet, kalau Anda tidak mau repot bisa Anda download saja disini, tapi kalau Anda punya versi lebih baru lebih baik pakai saja versi yang lebih baru tersebut.

Pertama-tama disini kita menginstalasi XAMPP, ini persiapan untuk instalasi Joomla, karena Joomla hanya bisa diinstalasi kalau Web Service sudah terinstal dengan baik. Cara instalasi XAMPP ini mudah sekali Anda ikuti saja perintah-perintahnya, tapi yang perlu diingat di folder mana Anda menempatkan programnya. Setelah selesai instalasi, Anda coba untuk mengetest jalan apa tidak program APACHE dengan membuka browsing internet Anda, dan pada kotak Address ketik //localhost, apabila keluar logo XAMPP warna orange ( biasanya ), berarti APACHE Anda telah jalan.

Pada saat Anda mengetik //localhost, secara otomatis sebenarnya folder langsung menuju ./XAMPP/htdocs/ dan langsung menjalankan file index.html atau index.php yang ada disana. Ini merupakan pelajaran dasar saat kita memulai belajar bahasa WEB. Jadi harus benar-benar diingat dan dipahami karena pada saat kita menginstalasi joomla kita akan punya folder sendiri, dan akan kita arahkan ke folder joomla.

Anda bisa mendapatkan software Joomla secara gratis juga diinternet dalam bentuk kompresan, jadi harus diekstrak terlebih dahulu. Kalau tidak ingin repot mengobok-obok google Anda bisa download saja disini. Pilih Joomla versi 1.5.9 full package. Folder induk yang terbentuk dari hasil ekstrak bernama Joomla_1.5.9-Stable-Full_Package, tetapi untuk memudahkan rename saja folder ini menjadi joomla. Kemudian folder joomla ini dikopikan ke folder ./XAMPP/htdocs/. Setelah terkopi semua kita mulai untuk menjalankan program instalasi.

Buka browsing Internet Anda, pada kotak address ketik localhost/joomla, maka akan muncul tampilan program instalasi seperti dibawah ini :

joomla1

 

Anda klik aja terus next  sampai pada langkah konfigurasi Database akan muncul tampilan berikut :

joomla2

isikan semuanya seperti diatas, password database biarkan kosong, dan database name isikan sesuai dengan keinginan Anda.

Teruskan lagi tekan tombol next, dan pada tahap FTP Configuration dikosongkan saja dan teruskan lagi dengan menekan tombol next. Setelah sampai pada tahap berikut :

joomla4

Isikan sitename sesuai dengan yang Anda inginkan, email juga harus diisi, admin password harus diisi dan jangan boleh lupa. Tombol Install Sample Data di klik aja ( tidak wajib ). kemudian pilih next lagi, dan akan tampil gambar berikut :

joomla5

Disini diperintahkan agar kita menghapus direktori instalasi sebelum mengakhiri proses instalasi, direktori yang harus dihapus terletak di ./XAMPP/htdocs/joomla/installation , folder installation harus Anda delete.

Setelah selesai Anda bisa masuk Site atau Admin, Site berarti Anda ke halaman depan, dan kalau ke Admin berarti Anda ke CPanel. Untuk masuk ke Admin Anda harus masuk dengan username = admin, dengan password yang sudah Anda bikin diatas.

Apabila browsing Anda sudah tertutup dan untuk memanggilnya kembali Anda tinggal ketik di address browsing Anda localhost/joomla, dan untuk masuk admin pilih seperti dibawah :

joomla6

Pada gambar diatas Anda harus pilih Administrator untuk masuk ke CPanel.

Untuk tahap Instalasi Joomla saya kira cukup sampai disini dulu, silakan dicoba sampai berhasil untuk mempelajari langkah selanjutnya.

Sampai jumpa, smoga Anda beruntung.

_____________________________________________
Artikel lainnya

Filed under: Joomla, ,

6 Responses

  1. Anonim mengatakan:

    kelihatannya mudahnya,tp trouble2 cukup banyak juga yg gak diterangin,mis klik admin tampilannya bluescreen,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: