JNet99

Enjoy Saja Bro

Cara Mengaktifkan Theme Editor

wporglog2Bagi yang memakai wp.org, tentunya sudah tahu bahwa program di wp.org dapat di modifikasi. Sebenarnya ada dua sarana untuk memodifikasi program, yaitu yang pertama lewat CPanel dari webhosting, dan yang kedua lewat Theme Editor. Kalau memakai Theme Editor kita agak dipermudah dalam memodifikasi program, karena jadi satu kesatuan dengan dengan desktop wp.org. Dari pada kita memakai webhosting kita harus berpindah dulu menuju CPanel yang ada di webhosting.
Tetapi sayang pada saat menginstalasi pertama kali, Theme Editor untuk wp.org ini tidak aktif sama sekali alias tombol update nya tidak ada. Jadi kalau kita memodifikasi program tidak bisa disimpan, dan terpaksa kita memodifikasi program lewat CPanel.
Dan sekedar diketahui wp.org yang saya bahas disini menggunakan versi 2.7., dan hosting yang saya gunakan 000webhosting ( hosting gratisan ).
Saya akan memberikan cara ringkas untuk memunculkan tombol update agar kita bisa memodifikasi program lewat desktop theme editor saja, jadi tidak perlu masuk-masuk ke CPanel.
Kenapa pada saat kita membuka theme editor tombol update tidak muncul? Hal ini terkait dengan sekuriti yang menempel pada folder maupun file yang akan kita modifikasi. Karena status folder atau file tidak mengijinkan kita untuk melakukan modifkasi. Hal inilah yang terjadi pada wp.org versi 2.7., yang jadi pokok pembahasan kita.

Langkah I :

Buka CPanel Anda yang ada di webhosting.

Buka File Manager, saya anggap Anda memakai Theme Default.

dan buka folder /public_html/wp-content/themes

wporg2

Sepert gambar diatas beri centang pada folder Default, dengan anggapan kita memakai themes default. Kemudian klik tombol CMod.

Tampilan selanjutnya :

wporg3

Silakan Anda berikan centang seperti gambar diatas, kemudian klik Submit.

Setlah proses selesai Anda bisa mengklik tombol panah back untuk kembali.

Untuk melihat hasilnya Anda bisa membuka dashboard blog Anda, pilih menu appearance-> editor, pada bagian bawah box akan muncul tombol Update seperti gambar dibawah ini :

wporg4

Kalau tombol update sudah tampil berarti Anda sudah berhasil untuk mengaktifkan Theme Editor sehingga Anda sudah bisa memodifikasi program cukup lewat fasilitas ini saja. Sedangkan filenya dapat Anda pilih disebelah kanan box tersebut, contoh seperti dibawah ini :

wporg5

Selamat mencoba, semoga Anda menjadi orang yang beruntung.

Artikel Lain

Filed under: wp.org, ,

7 Responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: