JNet99

Enjoy Saja Bro

Remote Komputer Dengan Win XP

kimtaeheecalendar5Yang dimaksud dengan meremote komputer disini adalah mengendalikan komputer jarak jauh dengan komputer yang berbeda. Jadi kita bisa melakukan aktivitas untuk menggunakan mouse dan keyboard dengan lokasi komputer yang berbeda. Misalnya Anda ingin mengendalikan komputer kantor dari komputer/laptop di rumah. Tapi yang akan dibahas disini kita menggunakan jaringan LAN saja untuk memudahkan maksud dan tujuan penulisan. Program aplikasi Remote Administrator atau PC Anywhere, biasanya digunakan untuk meremote komputer ini. Tetapi disini saya tidak membahas dua aplikasi tersebut diatas,  melainkan menggunakan fasilitas yang telah disediakan Windows XP. Misalkan Anda punya dua komputer yang sudah terhubung dijaringan. Anggap saja komputer A dan komputer B. Dan Anda ingin mengambil alih seluruh kontrol komputer A dari komputer B. Jadi komputer A merupakan komputer object yang akan jadi sasaran kita. Untuk memudahkan memahaminya langkah yang harus dilakukan :

Sebaiknya seluruh firewall dikomputer A dimatikan terlebih dahulu, baik itu firewall bawaan windows XP maupun dari luar.

Untuk mematikan firewall, klik tombol start -> Control Panel -> Security Center -> windows firewall kemudian pada windows firewall pilih tab general, kemudian matikan (off) firewall.  

Password User di Aktifkan

Terkadang pengguna Komputer masuk windows tidak mengaktifkan Password-nya, sehingga saat masuk komputer langsung tanpa ditahan pertanyaan password. Untuk mengaktifkannya Klik Start->Control Panel -> User Account -> User Account lagi -> pilih user yang Anda gunakan -> Create a Password. Setelah selesai Anda Log off dulu kemudian masuk lagi dengan Password yang baru dibikin lagi, ini hanya sekedar meyakinkan login dan password Anda sudah aktif bekerja. Setelah langkah-langkah diatas sudah dilakukan, berikut ini merupakan cara men-setting romete pada windows XP. Klik Start->Klik Kanan My Computer ->Propertis Kemudian pilih tab Remote Display yang muncul sebagai berikut :

  remote1

Pada Remote Assistance -> Allow Remote Assistance….. harus tercentang. Remote Desktop -> Allow users……. juga dalam keadaan tercentang. Kemudian klik tombol Select Remote Users Pilih tombol Add,  lanjutkan lagi klik tombol Advanced Diteruskan klik tombol Find,  Display yang akan ditampilkan sebagai berikut :

remote2

Pilih nama  user yang Anda gunakan untuk dapat meremote.

Pilih tombol OK sampai selesai semua. 

Sekarang kita sudah men-setting Komputer A yang menjadi Object sasaran kita untuk meremote komputer.

Selanjutnya Anda coba pergi ke  komputer B untuk mengambil alih kendali komputer A dengan syarat komputer A tidak boleh  melakukan aktifitas sama sekali.

Dari Komputer B sebagai komputer untuk pengambil alih kontrol, klik Start->All Programs->Accessories>Communications>Remote Desktop Connection.

Tampilan sebagai berikut :

remote3

Isi dengan nama komputer ( computer name ) dari komputer yang menjadi object sasaran.

Selanjutnya akan muncul permintaan user dan password, Anda harus isikan sesuai dengan User dan Password yang dikomputer A.

Selamat mencoba……………….
Artikel Lain

Filed under: Komputer, LAN, Tips & Tricks, , ,

20 Responses

  1. […] sumber Posted in Uncategorized […]

  2. Ruby Bunker mengatakan:

    Whoa! This blog looks just like my old one! It’s on a entirely different subject but it has pretty much the same page layout and design. Wonderful choice of colors!

  3. Anonim mengatakan:

    apakah remote asssitance termasuk aplikasikeyloger yg bisa buka data2 yg orang

  4. Ople mengatakan:

    Haha, padahal pelajaran kelas1 smk, makanya yg laen jadi anak tkj aja -_-!!!

  5. Anonim mengatakan:

    gak jelas….. pasword nya di mana ? kalo komputer gx di kasih pasword… mau di masukin pa tu klom pasword ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: