JNet99

Enjoy Saja Bro

Cara Bikin Tautan di Blogroll

Kalau kita sudah dapat membikin blog tentunya jangan sampai lupa untuk bersosialisasi atau memperkenalkan diri kita terhadap para blogger lainnya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengunjungi blog-blog yang kita temukan di search engine saat kita mencari sesuatu misalnya, atau lewat blog yang sudah kita kenal yang kebetulan blog yang sedang kita kunjungi tersebut memberikan tautan kepada blog yang lainnya. Biasanya lewat sarana ini para blogger akan mengenal satu sama lain. Sehingga terciptalah suatu komunitas blogger yang saling berkait satu sama lain. Tapi jangan lupa memberikan suatu komentar atau pendapat terhadap artikel yang kebetulan kita suka. Dengan suatu komentar, apapun isi komentar Anda entah itu sekedar numpang lewat, yang punya blog biasanya akan membalas kunjungan Anda, asal jangan lupa meninggalkan jejak alamat URL Anda.

Dalam proses bersosialisasi ini kita sering menemukan suatu blog yang dikunjungi tersebut sangat penting artinya buat kita. Atau juga kita berkenalan dengan pemilik blog tersebut dan ingin tukaran link, artinya Anda membuat suatu tautan atau link yang alamat URL berisi alamat dia, dan begitu juga sebaliknya dia akan membuat tautan yang alamat URL-nya berisi alamat Anda. Ini juga merupakan suatu mensosialisasi blog Anda terhadap blogger lainya. Semakin banyak blogger lain mentautkan blog mereka terhadap blog Anda, semakin mudah Search Engine mengenali blog Anda. Jadi jangan heran kalau tulisan Anda nantinya tercantum dalam 10 besar di mesin pencari semacam google. Dengan catatan kualitas tulisan juga harus bagus, sehingga tamu pengunjung Anda tidak kecewa. Dengan tercantumnya tulisan Anda di halaman pertama google tentunya kemungkinan besar orang akan berkunjung ke blog Anda dan ini tentu akan meningkatkan hits dan pagerank.

Untuk proses membuka tautan ini WordPress sudah menyediakan sarana dinamakan blogroll, dengan adanya sarana ini kita tentunya tidak perlu capek-capek lagi menulis alamat url dibuku untuk mengingat blog-blog yang kita sukai, atau blog-blog teman kita. Caranya pun sangat mudah sekali dan praktis sekali. Dibawah ini akan saya coba menerangkannya bagaimana cara membuat tautan di blogroll.

Pertama-tama buka terlebih dahulu blog Anda, kemudian klik Dashboardku setelah itu klik tab kelola dan dilanjutkan dengan taut. Jika Anda melakukannya dengan benar akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk menambahkan tautan silakan klik saja tombol “Tambahkan Tautan”, setelah itu anda akan diminta untuk mengisi :

– nama tautan : nama bisa diisi sesuai dengan keinginan Anda, tapi hendaknya sesuai dengan gambaran blog yang Anda tautkan, atau isikan saja sesuai alamat web juga tidak masalah.

– alamat web : ini harus diisi benar-benar sesuai dengan alamat web yang akan Anda tautkan.

– deskripsi : merupakan penjelasan ringkas mengenai gambaran blog yang ingin Anda tautkan.

– kategori : dari tautan yang Anda bikin tadi dapat dimasukkan dalam kategori apa, kalau tidak ada kategorinya Anda dapat menambah kategori baru dengan mengklik “+Tambah Kategori Baru”. Setelah itu tekan tombol “Simpan”, posisi tombol ada disebelah kanan. Dan proses selesai.

Blogroll merupakan salah satu jenis widget yang ada pada WordPress, tetapi tidak semua widget ditampilkan secara default. Tetapi blogroll merupakan jenis widget yang ditampilkan secara default jadi pada saat kita membuat blog, blogroll ini sudah aktif. Kalau ternyata kebetulan diblog Anda belum aktif harus diaktifkan terlebih dahulu. Caranya untuk mengaktifkan blogroll pilih Dashbordku terus pilih Desain, kemudian pilih Widget. Dan selanjutnya silakan pilh klik tautan, menu tautan ini kalau memang tidak aktif akan bereaksi dan akan tampil disebelah kanan. Kemudian tekan tombol Simpan Perubahan, sekarang widget blogroll Anda sudan aktif.

Selamat mencoba…………………….

Artikel-artikel terkait :

Filed under: Fitur WP, Tips & Tricks, Tutorial, , , , , , , ,

20 Responses

  1. start186 mengatakan:

    Mantabs kak.,.
    tukeran link yuk kak.,.
    Udah saya masukin di blogsaya http://yoolah.wordpress.com

  2. maczmania mengatakan:

    Penjelasan yang bermanfaat sekali pak!
    From:
    dgtiro.wordpress.com

  3. imsfly mengatakan:

    blognya mantap mampir keblog aku ya🙂

  4. VRLoversblog mengatakan:

    thanks gan🙂
    backlink juga ya blog saya nih : http://vrloversblog.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: