JNet99

Enjoy Saja Bro

Harga Premium Turun

Kemarin ( Senin 21 Oktober 2008 ) Saya secara tidak sengaja melihat dan mendengarkan bincang-bincang disalah satu siaran televisi dimana pokok bahasannya mengenai turunnya harga minyak dan pengaruhnya dengan harga premium di Indonesia. Dimana yang menjadi tamu dalam acara ini adalah salah seorang Anggota Komisi DPR-RI  di bagian yang menangani masalah minyak ini ( maaf Saya lupa nama komisinya ).

Menurut beliau harga premium di Indonesia mestinya harus turun, karena harga sekarang adalah Rp. 6.000,- per liter merupakan harga pada saat harga minyak dunia berkisar 130 USD per barel. Tapi berhubung pada saat ini harga minyak dunia turun sekitar 70 USD perbarel, jadi turunnya sekitar 46%. Tapi bukan berarti harga premiumnya turun sebesar 46%.

Hitung-hitungannya begini :

  1 barel = 160 liter

  harga perbarel = 70 USD

  biaya produksi = 1,2 USD per barel

  dan diasumsikan 1 USD = Rp. 9.500,-

Jadi harga premium semestinya :

  (70*1.2*9500)/160 = 4987,5

Dan menurut beliau lagi apabila pemerintah konsisten dengan aturan yang telah dibuat dimana harga minyak didalam negeri disesuaikan dengan harga minyak dunia maka setidak-tidaknya pada akhir tahun harga premium di Indonesia berkisar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 5.500,-.

Tapi yang tidak diketahui dari perbincangan tersebut adalah berapa harga minyak perbarel yang diinginkan anggota OPEC harga inilah yang menjadi patokan perhitungan, karena anggota OPEC juga sekarang sedang memperjuangkan untuk pengurangan produksi agar harga minyak dunia naik kembali.

Dalam hal ini penulis hanya bisa berharao harga minyak stabil di harga tersebut, karena tadi pagi saya baca di Kompas.com harga minyak naik lagi 74 USD per barel. Dan dua hari lalu malah saya baca negara-negara OPEC sedang berjuang untuk mengurangi Produksi Minyak. Dan juga diharapkan harga Rupiah tidak jatuh terhadap USD, karena ada fenomena aneh terhadap Rupiah ini. Pada saat AS terjadi krisis keuangan yang seharusnya harga USD turun tapi sebaliknya malah naik terhadap Rupiah.

Filed under: Berita, Pengetahuan, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: