JNet99

Enjoy Saja Bro

Aktifkan Blog Anda di Feed Burner

Untuk mengenalkan blog dan tulisan yang ada di blog, kita tidak hanya menggunakan Google Webmaster Tools seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya, ada juga yang menggunakan feedburner sebagai sarana promosi blog kita,  walaupun tulisan kita belum tentu segera dikenali oleh search engine, tidak ada salahnya kita mencobanya, karena mesin ini juga terkadang butuh waktu untuk mengenalinya. Tapi hal inilah yang sering dilakukan oleh orang-orang yang telah berhasil dalam menjaring orang dalam blognya (kualitas blog tentu juga harus menjadi perhatian utama), jadi apa yang saya tulis disini hanyalah mengikuti saran-saran dari para senior-senior terdahulu. Dan hal ini juga tidak lepas dari pemakaian kata kunci (keyword) yang kita gunakan. Kalau kata kunci itu kebetulan banyak blog lain yang pakai maka terjadi persaingan dalam menentukan posisi teratas pada search engine semacam google. 

Dan disini Saya mencoba untuk menerangkan step by step dalam melakukan regitrasi di Feed Burner :

Step 1 : Kita harus masuk dulu di situs FeedBurner dan dari sini kita harus melakukan regitrasi. Tapi bagi yang sudah punya user disini tinggal Sign in saja.

Step 2 : Disini kita bisa langsung klik next saja.

Step 3 : Isikan URL lengkap klik Next.

Step 4 : Kemudian klik tombol Activate feed.

Step 5 : Setelah itu klik Next.

Step 6 : Terakhir klik Next kembali.

Setelah langkah-langkah diatas sudah selesai dilakukan yang diperlukan adalah Optimasi, kita tinggal Klik tab Optimize. Tab ini berisi fitur-fitur yg dapat kita gunakan untuk mengoptimasi performa feed kita.  Pada umumnya, kita hanya perlu untuk mengaktifkan SmartFeed, yaitu fitur untuk membuat feed kita kompatibel dengan berbagai macam feed reader,  kemudian pilih klik tombol Activate.

Setelah Optimasi selesai kita perlu publikasi, pilih tab publicize. Tab ini berisi fitur2 untuk mempulikasikan feed kita ke dunia luar. Yg pertama akan kita lakukan adalah mengaktifkan FeedCount, fitur yg berguna untuk memamerkan jumlah orang yg berlangganan feed kita. Klik menu FeedCount yang terletak disamping kiri. Kemudian tekan Activate.

Dari menu di kiri pula, tekan tombol PingShot. Beri tanda centang pada dua layanan ping yg ada (Ping-O-Matic dan Newsgator). Selanjutnya, pada dropdown menu, tambahkan 5 layanan ping lainnya sesuka Anda. Yg biasanya saya tambahkan adalah Feedster, IceRocket, Google Blog Search (ini WAJIB!), Weblogs.Com, dan FeedBlitz. Terakhir, tekan Activate untuk mengaktifkan.

Fitur terakhir adalah Email Subscribtion, dimana dengan mengaktifkan fitur ini, pengunjung setia blog Anda dapat selalu mengikuti update terbaru melalui email. Pengaktifan fitur ini merupakan alternatif bagi pengunjung yg lebih cinta email daripada program2 feed reader. Klik Email Subscribtion dari menu di sebelah kiri. Pada layar berikutnya, pilih saja FeedBurner sebagai service provider Anda, dan tekan Activate untuk mengaktifkan.

Selamat mencoba !
Artikel terkait :

Filed under: Komputer, seo, Tips & Tricks,

7 Responses

  1. Anonim mengatakan:

    Trims…ya.. infonya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: