JNet99

Enjoy Saja Bro

Jejak dinosaurus di Yaman

 
Fosil dinosaurus sangat jarang ditemukan di Jazirah Arab

Jejak kaki dinosaurus yang dibuat 150 juta tahun lampau di daerah yang sekarang wilayah Yaman, adalah jejak kaki pertama hewan pra-sejarah itu yang ditemukan di Jazirah Arab, kata para ilmuwan.
Dua jejak kaki berbeda dibuat oleh sekelompok yang terdiri 11 ekor sauropoda dan seekor dinosaurus berkaki dua pemakan tumbuh-tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga ornithopoda.

Kedua jejak kaki itu tidak diketahui keberadaannya karena tertimbun kerikil dan bebatuan lainnya.

Fosil dari daerah itu sangat jarang ditemukan, dengan hanya sedikit fosil dinosaurus yang dapat dikenali.

 

  Temuan ini memperlihatkan bahwa beberapa jenis dinosaurus hidup dalam jumlah besar di kawasan Timur Tengah

 
Dr Paul Barrett
Musium Sejarah Alam di London
 

Seorang wartawan Yaman menemukan jejak kaki pertama di desa Madar di utara ibukota Sana’a.

Jejak kaki itu kemudian diklasifikasikan sebagai jejak hewan jenis ornithopoda, dinosaurus besar berkaki dua yang hidup antara Periode Trias Akhir dan Periode Kapur Akhir.

Pada tahun 2006, seorang ahli geologi di Universitas Sana’a di Yaman menemukan satu rumpun jejak kaki berbentuk bulat mirip jejak kaki gajah dari satu keluarga dinosaurus berbeda, sauropoda raksasa berkaku empat dan berleher panjang.

Dr Anne Schulp dari Musium Sejarah Alam Maastricht di Belanda pergi ke Yaman untuk membantu penelitian tersebut.

“Yang menggembirakan tentang jejak kaki sauropoda itu adalah terdapat jejak satu kelompok hewan itu, 11 ekor yang berjalan ke arah yang sama,” kata Dr Schulp kepada BBC.

“Rumpun jejak itu adalah jejak beberapa hewan berukuran berbeda, jadi ada jejak kaki hewan dewasa dan ada beberapa jejak dinosaurus muda juga, jadi sekelompok dinosaurus beraneka usia hidup bersama.”

 
Jejak kaki sauropoda diteliti oleh tim ahli geologi

Sampai saat ini, baru sedikit fosil dinosaurus dilaporkan ditemukan di kawasan Jazirah Arab, termasuk beberapa tulang-belulang dari Oman dan potongan yang diduga tulang leher dinosaurus dari Yaman.

“Untuk pertama kalinya ditemukan jejak kaki dinosaurus di Jazirah Arab jadi ini penting,” kata Dr Schulp.

“Ini adalah sepotong data dari tempat yang belum banyak diketahui. Di daerah ini ada potensi besar untuk menemukan lebih banyak lagi fosil dinosaurus.”

Ahli paleontologi Dr Paul Barrett dari Musium Sejarah Alam di London mengatakan temuan itu, yang diterbitkan di jurnal PLos One, memperluas pengetahuan tentang dinosaurus di Timur Tengah.

“Materi dinosaurus sangat jarang ditemukan di kawasan itu, dan yang ada selama ini hanya sedikit potongan fosil,” katanya.

“Itu sebabnya, pengetahuan kami sangat minim tentang hewan yang dulu hidup di daerah tersebut. Temuan ini memperlihatkan bahwa beberapa jenis dinosaurus hidup dalam jumlah besar di kawasan Timur Tengah dan ini mulai mengisi kekosongan besar dalam pengetahuan kami tentang apa yang terjadi di sana pada masa dinosaurus.”

source : BBCIndonesia.com

Filed under: Pengetahuan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: