JNet99

Enjoy Saja Bro

Roy Suryo: Rekaman Kokpit AdamAir Asli


Roy Suryo: Rekaman Kokpit AdamAir Asli





Kamis, 7 Agustus 2008 | 15:13 WIB


PALEMBANG, KAMIS – Polemik keaslian rekaman percakapan pilot dan copilot pesawat AdamAir sebelum jatuh di Perairan Mejene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007, menemui titik terang. Ketty Mariesta, istri copilot alm F Yoga Susanto,  membenarkan suara di rekaman itu adalah suara suaminya.

Ketty mengungkap hal itu kepada pakar telematika, Roy Suryo, yang menggelar jumpa pers di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Rabu (6/8). Menurut Roy Suryo, Ketty mengenali suara suaminya yang mengucapkan kalimat Allahu Akbar pertama dalam rekaman itu.

“Itu sudah diputuskan Ketty, suara suaminya, copilot Yoga. Ia kenal betul,” kata Roy. Ketty menghubungi ponsel Roy Suryo kemarin malam. Untuk mendapatkan bukti lebih kuat, Roy mengembangkan pengakuan itu dengan meminta rekaman suara, video, atau dokumen apa pun yang memuat suara Yoga. Ketty sudah setuju dan menyerahkannya. Roy Suryo juga sedang mengumpulkan data tambahan dari rekan-rekan Yoga.

Menurut dia, pihak keluarga pilot alm Reffi Agustian W juga sudah dimintai bantuan serupa, tapi mereka menolak karena tidak ingin menguak rasa duka akibat kehilangan sang pilot. Roy mengaku dapat memahami hal itu.

“Tapi saya tetap akan mencari dokumen Reffi dari rekan-rekannya. Saya yakin keaslian suara rekaman itu bisa diusut dan menemukan siapa black angel yang meng-up load rekaman ke internet,” ujar Roy.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengklaim rekaman percakapan di kokpit pesawat AdamAir yang tersebar di internet bukan rekaman asli.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan, suara teriakan Allahu Akbar di VCR (Voice Cokpit Recorder) lebih buram dari yang disiarkan di media-media. Demikian pula perbedaan pada data VCR yang asli, di mana ucapan-ucapan terakhir terjadi pada ketinggian 9.600 Kaki, setelah itu tidak ada suara sama sekali.

Menanggapi hal itu, Roy Suryo mengatakan, untuk menyudahi polemik harusnya KNKT membuat transkrip detik per detik percakapan di VCR Black Box yang master piece-nya dipegang Menhub Jusman Safeii DJamal, Ketua KNKT, dan Ketua Subkomite Investigasi Transportasi Udara merangkap Ketua Investigator In Charge (IIC) KNKT Frans Wenas.

Namun, karena tidak ada upaya itu dan tidak punya akses ke KNKT, maka Roy Suryo berinisiatif mengungkap kebenaran dengan cara mengumpulkan dokumen suara pilot dan copilot AdamAir. Roy Suryo yakin, rekaman yang beredar di internet itu tidak direkayasa.

“Dari instrumen, atmosfer, dan jarak instrumen tampaknya tidak ada rekayasa. Saya yakin ini asli, tapi didapatkan secara ilegal dan disiarkan lewat internet. Saya tidak berani janji kapan, tapi suatu saat saya ungkap,” katanya.

Roy Suryo kemarin memperdengarkan suara rekaman yang dipermasalahkan itu. Terdengar percakapan antara pilot dan copilot dan suasana mencekam pada satu menit terakhir, ditandai dengan suara alarm over speed sensor dan teriakan Allahu Akbar berulang kali sebelum akhirnya hilang.

Roy mengungkap, ada tiga kemungkinan di balik penyebaran rekaman VCR di kokpit AdamAir itu, yaitu keluarga, teman, atau maskapai yang tidak rela pilot dan copilot disalahkan seperti dalam laporan yang dirilis KNKT. Kedua, ada persaingan bisnis antara perusahaan pesawat Boeing dan Air Bus.

“Terakhir, mungkin ada pihak yang ingin menjatuhkan citra penerbangan di Indonesia. Rekaman itu kan tidak boleh beredar luas,” katanya. (Aang Hamdani Fikri)

Filed under: Uncategorized, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

%d blogger menyukai ini: