JNet99

Enjoy Saja Bro

Membuat Video Clip Dengan Fasilitas Windows 7

Dalam tulisan yang lalu saya pernah membuat artikel Membuat Video Clip Dengan Windows Movie Maker yang mana fasilitas ini hanya untuk windows XP saja dan beberapa pertanyaan untuk pembuatan video clip untuk windows 7  tidak bisa jawab berhubung waktu itu saya hanya menggunakan windows XP saja. Sekarang saya menggunakan Windows 7 dan saya coba mencari fasilitas pembuatan video clip saat saya mau bikin album foto dan movie yang disisipkan lagu-lagu sebagai background kita,. Dan di Windows 7 juga disediakan fasilitas untuk itu dengan nama “Windows DVD Maker”, fasilitas ini sudah merupakan bawaan dari Windows 7. Windows 7 yang saya gunakan adalah Windows 7 Ultimate. Untuk versi yang lainnya saya kurang mengetahui ada atau tidaknya fasilitas tersebut.

Syarat-syarat :

1. Khusus untuk Video tidak bisa menggunakan format MP4, jadi kalau Anda mempunyai hasil shootingan kamera , baik itu kamera handycam atau kamera handphone, yang filenya berupa format MP4 harus di konversi dulu dengan format MPG karena format inilah dikenali untuk DVD Player.

2. Program konversinya terserah menggunakan program apa saja, dan kebetulan saya memakai program “Total Video Converter” versi Crack. Program ini sebenarnya bukan versi gratis, tapi Anda silakan cari sendiri program ini di internet beserta crack-nya yang masih banyak bertebaran di Internet.

Baiklah kita mulai saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat Video Clip atau Foto Slide atau bisa gabungan keduanya.

1. Siapkan sekumpulan foto-f0to Anda (disarankan format JPG).

2. Apabila Anda menggabung dengan Video, siapkan file Video dengan format MPG.

3. Siapkan file lagu (disarankan format MP3) untuk latar belakang foto-foto slide yang Anda bikin nanti. Agar supaya lebih asyik menonton foto-foto sambil diiringi musik-musik kesukaan Anda.

4. Setelah semua sudah siap buka menu Start di Window 7 dan cari menu “Windows DVD Maker”. Seperti gambar dibawah ini :

5. Setelah Anda memilih Windows DVD Maker maka program akan muncul seperti berikut ini :

Gambar di atas merupakan program Windows DVD Maker, untuk menambahkan file gambar dan video silakan pilih menu “Add Item”, masukkan semua file-file yang Anda inginkan.

6. Setelah Anda Masukan Foto dan Video tampilannya seperti di bawah, dimana untuk foto secara otomatis akan membentuk folder sendiri, dan untuk video akan terpisah diluar folder dan berdiri bebas.

.

7. Dan jangan lupa siapkan DVD Blank dan sudah siap diburning ditempatnya. Perhatikan juga menu “DVD Burner” untuk menentukan lokasi DVD Blank Anda berada di drive mana. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan dengan memilih “Next”.  Tampilan selanjutnya :

Di sini Anda sudah siap memburning hasil karya Anda, akan tetapi sebelum di burning alangkah baiknya kita melihat hasilnya dulu sebelum diburning dengan memilih menu “Preview”. Disini  juga ada fasilitas untuk Menu Style, Anda bisa pilih sesuai dengan Kesukaaan Anda ( gambar sebelah kanan ) dan hasilnya bisa dilihat terlebih dahulu di Preview.

Di sini juga ada fasilitas menu “menu Text” : digunakan untuk memberikan text pada Menu DVD nantinya pada saat jalan.

menu “Customize Menu”, berfungsi untuk menu pembuka, disini Anda bisa menyisipkan lagu sebagai menu pembuka seperti gambar dibawah ini , Anda bisa isi “Menu Audio” dengan menekan tombol Browse :

Setelah menetapkan lagu pembuka  pilihan Anda, silkan klik tombol “Change Style”. Dan akan kembali pada tampilan sebelumnya.

Dari beberapa menu tersebut yang paling penting Adalah  menu “Slide Show”, disini Anda bisa memilih lagu-lagu sebagai latar belakang.

Sekarang coba klik menu “Slide Show” :

Untuk memilih lagi Anda bisa pilih tombol “Add Music”, pilih beberapa lagu yang Anda inginkan sesuai dengan banyaknya gambar.

Disitu tertera “Max Length” ini untuk menginformasikan Durasi Lagu.

“Slide Show” untuk informasi  Durasi Slide Show.

Dengan kedua fasilitas ini kita bisa mempertimbangkan banyaknya lagu yang akan kita isi.

“Change Slide Length  to match music length” : apabila fasiltas ini dicentang maka selesainya lagu akan disesuaikan secara otomatis dengan selesainya tampilan foto terakhir.

“Picture length” : untuk menentukan durasi perfoto yang akan ditampilkan.

“Transition” : disini banyak pilihan, digunakan untuk style perpindahan antar foto.

“Use pan and zoom effect….” : biarkan saja tercentang (default), ini hanya agar foto kita mempunyai effect Zoom pada saat DVD diputar.

Lagu-lagu disini hanya digunakan untuk Slide Show foto-foto Anda, sedangkan untuk Video tidak berfungsi.

Okay kalau selesai semua silakan klik tombol “Change Slide Show”.

8. Sebelum memburning Silakan klik preview terlebih dahulu, kalau belum cocok lakukan perubahan-perubahan lagi dengan langkah seperti di atas. Dan kalau sudah cocok silakan Anda Klik Burning, tunggu sampai selesai. Kalau udah selesai silakan coba putar DVD nya di DVD Player, dan Anda bisa menikmatinya dilayar televisi bersama keluarga.

Okay, sampai disini dulu mudah-mudahan Anda bisa menikmati hasil kreasi Anda Sendiri.

Salam dan semoga sukses untuk semua.

Artikel lain :

Filed under: my share, Selingan, Tips & Tricks, , , ,

11 Responses

  1. Anonymous mengatakan:

    iya pak.Sy mau masukin ke youtube,tp formatnya tdk cocok

  2. zoelfalya mengatakan:

    kalau mau masukin tulisan seperti waktu di ‘Video Movie Maker’ gimana pak?

  3. mustafit mengatakan:

    keren euy…

  4. Anonymous mengatakan:

    kalau setelah jadi videonya kan formatnya msdvd. gimana cara merubah msdvd ke format lainnya ya? soalnya tidak bisa dibaca di media apapun. terima kasih :D

  5. tiara mengatakan:

    Jelas banget… jadi bisa sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: