JNet99

Enjoy Saja Bro

Panduan Rubik’s Cube 3x3x3

Sebenarnya ragam jenis Rubik’s Cube banyak sekali, akan tetapi yang paling terkenal dan sering dimainkan orang adalah 3x3x3. Permainan ini kelihatannya seperti permainan anak-anak, akan tetapi banyak sekali orang dewasa juga ikut memainkannya karena adanya suatu faktor tantangan untuk menyelesaikan keseluruhan warna tepat pada posisinya. Hal inilah yang mengundang para orang dewasa untuk ikut serta mengasah otak dalam meramaikan permainan ini, dan lagi pula anak-anak balita tidak mungkin menuntaskan permainan ini sampai selesai apabila memang permainan ini diperuntukan untuk anak-anak. Bagus sekali orang tua ikut-ikutan dalam memecahkan permainan ini, tentunya anak kita akan menjadi senang. Dan apabila sudah mahir dalam menyelasaikan rubik 3x3x3 ini tentunya kita pasti tertantang lagi untuk bermain di rubik 4x4x4 dan 5x5x5 akan tetapi biar bagaimanapun dasar setiap geraknya ada pada 3x3x3 tersebut di atas.
Permainan ini ditemukan sejak tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Jadi permainan teka-teki ini usianya sebenarnya sudah lama sekali, tapi mungkin hanya segelintir orang saja yang bisa menyelesaikannya dengan baik. Dengan berkembangnya kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, tentunya lebih banyak lagi orang-orang yang dapat dengan mahir menyelesaikan teka-teki permainan rubik ini dengan berbagai macam teknik dan metode masing-masing. Akan tetapi sayangnya sangat sedikit sekali penjelasannya yang diuraikan dalam bahasa Indonesia, walaupun ada agak susah dimengerti.
Di sini akan dijelaskan langkah perlangkah yang harus dilakukan buat para pemula untuk menyelesaikan teka-teki rubik ini berdasarkan pengalaman penulis, dan untuk tulisan Edisi Pertama ini hanya menjelaskan rubik 3x3x3 saja terlebih dahulu, karena ini merupakan kunci pokok untuk jenis Rubik selanjutnya.
Dalam setiap langkah tentunya ada hal-hal atau sasaran yang harus dicapai, dan untuk itu harus benar-benar mengerti dalam proses setiap pencapaian sasaran tersebut. Dan setiap gerakkan harus dilatih agar bisa lancar dalam menyelesaikan sasaran-sasaran yang akan dituju, sehingga tidak perlu berpikir banyak ketika melihat berbagai macam komposisi warna dan letak warna yang tidak beraturan karena semuanya sudah ada diluar otak kita.

Pengertian
Sebelum melangkah lebih jauh ada beberapa kesepakatan yang harus dipahami terlebih dahulu dalam menjalankan metode ini agar tidak terjadi kekeliruan komunikasi saat penjelasan langkah-langkahnya.

Pengertiannya :
Front = sisi depan disimbolkan dengan huruf “ F ”
Back = sisi belakang disimbolkan dengan huruf “ B “
Right = sisi kanan disimbolkan dengan huruf “ R “
Left = sisi kiri disimbolkan dengan huruf “ L ”
Up = sisi atas disimbolkan dengan huruf “ U “
Bottom = sisi bawah disimbolkan dengan huruf “ B “

Nantinya tentu sangat sering melakukan suatu gerakan memutar, baik itu putaran searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam, dan bisa bergerak seperempat lingkaran ( 90 derajat ) atau bisa juga setengah lingkaran ( 180 derajat ). Untuk itu ada simbol-simbol sendiri untuk menterjemahkan gerakan tersebut.

Misalkan ada perintah bergerak dengan simbol F, artinya harus memutar sisi depan searah dengan putaran jarum jam sejauh seperempat lingkaran ( 90 derajat ).


Kalau diminta bergerak berlawanan arah jarum jam simbolnya menjadi F’, seperti yang diperlihatkan pada gambar di atas.
Kalau ada perintah F’’, ini artinya diputar 180 derajat , terserah arahnya boleh searah jarum jam maupun berlawanan dengan arah jarum jam.
Sama juga dengan sisi-sisi lainnya dapat diberlakukan hal yang sama.
Kalau ada rangkaian perintah FU’R’’ , ini sama pengertiannya sisi depan diputar 90 derajat  searah jarum jam, kemudian bagian sisi atas diputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam, kemudian sisi bagian kanan diputar 180 derajat.
Dengan adanya penjelasan di atas sudah cukup jelas pengertiannya yang nanti pasti banyak ditemukan dalam pembahasan penyelesaian Rubik cube ini.
Penjelasan selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

Tahap I

Apa pertama kali yang harus dilakukan dalam penyelesaian rubik ini merupakan hal yang sangat penting sekali karena akan memudahkan pekerjaan dalam langkah selanjutnya. Langkah pertama yang harus diambil adalah menyusun tata letak warna seperti gambar dibawah .

Terserah memakai acuan warna apa saja akan tetapi disini dicontohkan dengan mengambil warna putih sebagai titik acuan. Warna putih harus membentuk silang ( cross ) seperti gambar di atas dengan posisi samping harus sesuai dengan warnanya masing-masing. Apabila belum sama, harus dibetulkan terlebih dahulu.
Untuk posisi warna yang salah seperti gambar kedua dapat diselesaikan sebagai berikut :
Apabila posisi warna salah seperti gambar kedua diatas dimana warna merah seharusnya berada disebelah bagian depan, dapat dilakukan gerakan sederhana R’’D’F’’, artinya sisi kanan diputar 180 derajat , kemudian sisi bawah 90 derajat berlawanan arah jarum jam, kemudian putar lagi pada sisi depan 180 derajat. Dengan begini warna merah menempati posisinya dengan benar, begitu juga dengan posisi warna-warna lainnya harus ditempatkan pada posisi yang sesuai, dan dengan logika yang sama pasti dapat menyelesaikan bagian ini dengan mudah.
Adapun yang warnanya abu-abu, artinya apapun warnanya dibagian tersebut tidak perlu diperhatikan, karena tidak mempengaruhi pekerjaan yang sedang dilakukan pada tahapan ini.
Dengan penjelasan di atas kiranya sangat mudah untuk menyelesaikan bagian pertama ini.

Tahap II :

Posisi warna-warna gambar di atas adalah merupakan sasaran yang perlu diraih dalam menyelesaikan Rubik 3x3x3 pada tahapan ini. Memang ada berbagai posisi warna yang terbentuk secara acak setelah menyelesaikan pada Bagian I, tetapi tidak perlu takut hal tersebut dengan mudah akan diselesaikan satu persatu. Dan dengan memberikan salah satu contoh dan dapat memahaminya dengan baik, untuk menyelesaikan warna-warna yang lainnya juga pasti bisa dengan mudah.

Contoh :

Yang harus dilakukan dengan melakukan gerakan R’D’R, artinya putar sisi kanan 90 derajat berlawanan arah jarum jam, putar sisi bawah 90 derajat berlawanan arah jarum jam, putar kembali sisi kanan 900 searah dengan jarum jam.

Langkah-langkahnya terlihat seperti gambar dibawah :

Untuk menyelesaikan warna-warna lainnya juga dengan metode dan perintah yang sama. Sehingga semua warna sesuai dengan gambar berikut :

Bagian abu-abu untuk sementara diabaikan terlebih dahulu, dan untuk tahap ini dianggap sudah selesai dan kita akan melanjutkan pada tahap berikutnya.

Tahap III :

Gambar di atas merupakan susunan warna yang harus kita bentuk setelah tahap II sudah selesai dan pada tahap III ini ada berbagai macam kemungkinan susunan warna, akan tetapi sebenarnya hanya ada 2 ( dua ) metode gerakan saja. Tetapi pada tahap ini harus sangat berhati-hati dalam melakukan langkah perlangkah, karena kalau keliru kemungkinan akan mengulang dari awal
Contoh :

Posisikan warna biru-merah seperti gambar diatas, kemudian lakukan gerakan seperti ini :
D F D’ F’ D’ R’ D R

Posisi warna ini kebalikan dari yang pertama, dimana bagian merah pada posisi terlihat sedangkan warna biru pada posisi dibawah ( tidak terlihat ).
Langkah-langkah yang harus dilakukan : D’R’DRDFD’F’

Sering kita menemukan suatu kasus seperti gambar di bawah ini, yang mana posisi merah dan biru ketukar.


Untuk menyelesaikannya warna yang keliru tersebut harus dikeluarkan terlebih dahulu dengan langkah-langkah seperti telah diuraikan : DFD’F’D’R’DR atau D’R’DRDFD’F’ pilih salah satunya. Setelah posisinya sudah keluar baru ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan langkah-langkah yang juga telah diuraikan di atas.
Untuk menyusun warna-warna yang lainnya juga harus melakukan metode ini, jadi pada tahap ini hanya ada 2 ( dua ) metode atau langkah yang harus dilakukan DFD’F’D’R’DR dan D’R’DRDFD’F’.
Hasil akhir dari langkah-langkah diatas harus berbentuk seperti di bawah ini.

Sebenarnya secara keseluruhan ada 6 ( enam ) tahap, jadi masih kurang 3 ( tiga ) tahap lagi yang tidak bisa saya jelaskan di sini.

Bagi yang benar-benar serius ingin mendalami penyelesaian Rubik’s Cube 3x3x3 ini dapat menghubungi Email saya josenetmail@gmail.com, nanti akan saya kirimkan filenya berupa PDF ( EBook ) dengan biaya Rp. 20.000,- rupiah sebagai ongkos pengganti atau ongkos lelah dalam menyelesaikan tulisan dan pemecahan Rubik’s Cube 3x3x3 ini. Tata cara transfer biaya akan saya beritahu lewat email.

Bagi yang benar-benar serius ingin mendalami penyelesaian Rubik’s Cube 3x3x3 ini dapat mendownload di sini.

Sebelum mengakhiri tulisan ini saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya.

Notes : Tunggu Ebook berikutnya, saya akan mengungkapkan rahasia yang lebih besar lagi, yaitu bermain Rubik’s Cube 4x4x4 dan 5x5x5, tapi biar bagaimanapun Rubik’s Cube 3x3x3 harus benar-benar bisa dikuasai karena kunci pembukanya ada di Rubik ini.

About these ads

Filed under: Permainan, Selingan, Tips & Tricks, Tutorial, , , , , , , ,

37 Responses

  1. Adie mengatakan:

    Saya ingin blajar langsung dgn mas oms,, smpai skarang saya belum bisa :(

  2. dokter anak mengatakan:

    menarik artikelnya…salam persahabatan yaaa..

  3. clinici stomatologice mengatakan:

    …Trackback: More Informations on that topic…

    Oh my goodness! an incredible article dude. Thanks Nonetheless I’m experiencing subject with ur rss . Don�t know why Unable to subscribe to it. Is there anybody getting an identical rss downside? Anybody who is aware of kindly respond. Thnkx…

  4. ulan yulianti mengatakan:

    saya itu suka memainkan kubik tapi gx bisa bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

delicious

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: